Apa itu VPN & Bagaimana cara kerja VPN?

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, dan mungkin Anda pernah mendengar atau membaca istilah tersebut sehubungan dengan privasi dan geolokasi. Pada artikel ini kita akan belajar dan melihat ke dalam apa sebenarnya cara kerjanya dan apa yang bisa dilakukan untuk Anda.

Bagaimana cara kerja VPN?

Mari saya jelaskan sekarang tapi sebelum kita terjun ke VPN, izinkan saya menceritakan sedikit bagaimana internet bekerja sekarang. Di rumah, Anda mungkin punya beberapa router atau modem dari perusahaan telepon atau penyedia layanan internet Anda. Kemudian terhubung ke desktop Anda, mungkin dengan kabel Ethernet, ke ponsel cerdas Anda melalui Wi-Fi, mungkin ke laptop Anda melalui Wi-Fi dan sebagainya. Di dalam rumah Anda saat Anda melakukan obrolan laptop atau berbicara dengan PC Anda atau pembicaraan telepon Anda yang merupakan bagian dari jaringan pribadi Anda, dan itu tidak masuk ke internet. Ini tetap berada di dalam rumah Anda, tapi saat Anda membuka halaman web di suatu tempat di internet, data mengalir melalui modem Anda ke perusahaan telepon lokal atau ISP Anda dan kemudian keluar melalui internet.

Ini akan berjalan di internet sampai sampai ke server server kemudian akan membalas dengan beberapa informasi yang akan kembali melalui internet ke penyedia telekomunikasi lokal atau ISP Anda sampai ke modem Anda dan kemudian kembali ke PC atau smartphone Android Anda. Sekarang, sementara semua data itu beredar di internet, perlu diketahui kemana arahnya dan hal-hal yang perlu diketahui kemana mereka pergi. Mereka membutuhkan alamat yang sama dengan layanan pos yang sama saat Anda ingin pergi dan mengunjungi seseorang. Begitu juga dengan data di internet.

Ada berbagai lapisan pengalamatan atau jenis pengalamatan berbeda yang terus berlanjut, namun pada tingkat tertinggi, masing-masing paket informasi ini memiliki apa yang disebut alamat IP. Alamat IP Anda mungkin telah melihat mereka di sana empat digit dari 0 sampai 255 dengan titik di antara mereka jadi mungkin seperti 178.304.67. Modem atau router Anda mungkin telah diberi alamat IP dari ISP Anda dan apa yang terjadi adalah ketika data Anda melewati internet setiap peralatan, ia menyentuh setiap router yang disentuh setiap server mengetahui alamat IP Anda. Hal itu dilakukan bukan karena mereka mencoba memata-matai Anda tapi karena mencoba menghubungkan mengumpulkan data tentang jumlah orang yang diklik ke situs mereka.

Apa yang dilakukan VPN adalah memungkinkan Anda membuat terowongan koneksi dari komputer rumah Anda ke server di tempat lain di dunia. Sambungan dienkripsi, dan kemudian ketika saya mengakses sesuatu di Internet, ia melewati terowongan itu dan kemudian sampai di server lain dan kemudian berlanjut ke Internet, dan akhirnya akan sampai di server web atau layanan. Alamat IP Anda tidak lagi menjadi alamat IP Anda. Alamat IP dari server VPN melindungi IP Anda.

Jika Anda menggunakan VPN, pertama-tama, penyedia telekomunikasi lokal dan pemerintah daerah Anda tidak tahu tentang situs yang Anda akses. Bila Anda melalui VPN, semuanya terenkripsi. VPN memungkinkan Anda terhubung ke server lain di negara lain.